Kebijakan Pengelolaan Pariwisata Desa Sebagai Potensi Pendapatan APBDES

Authors

  • Malik Malik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bandar Lampung
  • Aldi Juliansyah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bandar Lampung

Keywords:

kebijakan, Pengelolaan, Pariwisata, Desa

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang terbesar yang digalakkan oleh pemerintah baik pemerintah pusat ,daerah dan pemerintah desa. Melalui pengembangan pariwisata itulah, dianggap dapat memberikan salah satu sumbangsih untuk pemasukan pendapatan daerah maupun desa sebagaimana Undang-Undang tentang desa mengamanatkan pembentukan Badan Usaha Milik Desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan pemerintah pekon gisting atas dalam pengelolaan wisata desa serta untuk mengetahui aspek-aspek apa yang mendukung dan menghambat kebijakan pemerintah pekon gisting atas. Metode penelitian disini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptip. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan  bahwa kebijakan pengelolaan wisata desa yang dilakukan oleh pekon gisting atas bertujuan untuk memberdayakan masyarakat pekon  gisting atas itu sendiri hal tersebut ditinjau dari beberapa enam indicator kebijakan yaitu tujuan yang ingin dicapai, prefensi nilai seperti apa  yang perlu dipertimbangkan, sumberdaya yang mendukung kebijakan, kemampuan actor yang terlibat didalam pembutan kebijakan, lingkungan yang menyangkut  lingkungan social, lingkungan  ekonomi,lingkungan  politik dan sebagainya, serta strategi atau rencana  yang digunakan untuk mencapai tujuan yang di tetapkan sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustino, Leo, 2008, “Dasar – dasar

Kebijakan Publik”, Bandung

Sugiyono, 2013, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Alfabeta”, Bandung.

Suharno, 2013, “Dasar – dasar Kebijakan

Publik, Yogyakarta.

Jurnal-Jurnal

Admoko Hadi Prastyo T, 2014 ,” Strategi Pengembangan Potensi Desa Wisata Brajan Kabupaten Sleman,” Media Wisata ,( Vol. 12 No.2 )

Martono Edi dan Muhammad , “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata Dan Implikasinya Terhadap Wisata,” ketahanan social (Vol.23, No.1, April 2017)

Rostiyati Ani, 2013 . Potensi Wisata Di Lampung Dan Pengembangannya : Patanjala Vol. 5 No. 1,

Sospol. (2017). Pengertian Pengelolaan Menurut Para Ahli. Pengertian Pengelolaan Menurut Para Ahli.

Undang-Undang

Permendagri No.28 Tahun 2015 Tentang Susunan Organisasi Dan Tata Kerja Pemerintah Desa Undang-Undang no.9 tahun 1990 tentang Kepariwisataan

Undang-Undang no.6 tahun 2014 tentang Desa

Downloads

Published

2021-04-20

How to Cite

Malik, M., & Juliansyah, A. . (2021). Kebijakan Pengelolaan Pariwisata Desa Sebagai Potensi Pendapatan APBDES. Jurnal Silatene (Jurnal Sosial Humaniora), 1(1), 1-10. Retrieved from https://www.gadunganpuncu.desa.id/index.php/s/article/view/6

Issue

Section

Articles